Astronot Ini Tidak Setuju Kirimkan Manusia ke Mars

Astronot Bill Anders merupakan salah satu orang yang pertama meninggalkan orbit Bumi. Ia merupakan pilot lunar module dalam misi Apollo 8 pada tahun 1968.

Tapi, saat ini sepertinya ia tidak begitu setuju dengan proyek NASA dan beberapa perusahaan luar angkasa lainnya yang ingin mengirimkan manusia menuju Mars. Menurutnya publik hanya akan menilai hal tersebut sebagai buang-buang uang.

“Apa yang begitu mendesak? Apa yang mendorong kita untuk pergi ke Mars?” ujar Anders, seperti dikutip detikINET dari BBC, Rabu (26/12/2018).

“Saya pikir publik tidak begitu tertarik dengan hal tersebut,” sambungnya.

Walaupun terdengar kritis terhadap program mengirimkan manusia ke Mars, Anders sendiri sangat antusias dengan misi tanpa awak. Menurutnya, misi yang dijalankan oleh robot tersebut lebih murah daripada mengirimkan manusia.

Kritik Anders juga diamini mitranya sesama pilot Apollo 8, Frank Boorman. Ia bahkan menyebut CEO SpaceX, Elon Musk dan pendiri Blue Origin, Jeff Bezos bahwa ambisi mereka untuk mengirimkan manusia ke Mars hanya omong kosong.

“Menurut saya memang banyak hype tentang Mars yang hanya omong kosong. Musk dan Bezos, mereka berbicara tentang membangun koloni di Mars, itu omong kosong,” ujar Boorman.